COCOMO

Model Biaya Konstruktif (COCOMO) adalah algoritma biaya perangkat lunak model estimasi yang dikembangkan oleh Barry Boehm W. . Model ini menggunakan dasar regresi formula dengan parameter yang berasal dari data proyek historis dan karakteristik proyek ini.

COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Boehm di Ekonomi buku Rekayasa Perangkat Lunak sebagai model untuk memperkirakan usaha, biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Hal menarik pada sebuah penelitian terhadap 63 proyek di TRW Aerospace mana Boehm adalah Direktur Riset Perangkat Lunak dan Teknologi. Studi ini meneliti proyek-proyek mulai dari ukuran 2.000 sampai 100.000 baris kode , dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I . Proyek-proyek ini didasarkan pada model air terjun pengembangan perangkat lunak yang merupakan proses perangkat lunak umum pembangunan di tahun 1981.

Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun 1995 COCOMO II dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun 2000 dalam buku Software Estimasi Biaya dengan COCOMO II. COCOMO II adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk memperkirakan proyek pengembangan perangkat lunak modern. Ini menyediakan lebih banyak dukungan untuk moderen proses pengembangan perangkat lunak dan database proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat lunak pengembangan teknologi pindah dari mainframe dan batch processing semalam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan off-rak-komponen perangkat lunak. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.

COCOMO terdiri dari tiga bentuk hirarki semakin rinci dan akurat. Tingkat pertama, Basic COCOMO adalah baik untuk cepat, urutan awal, kasar estimasi besarnya biaya perangkat lunak, tetapi akurasinya terbatas karena kurangnya faktor untuk memperhitungkan perbedaan atribut proyek (Driver Biaya). Menengah COCOMO mengambil Biaya ini Driver ke account dan COCOMO Detil tambahan menyumbang pengaruh fase proyek individu.
 

Basic COCOMO

Basic COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak (dan biaya) sebagai fungsi dari ukuran program. Ukuran program dinyatakan dalam ribuan perkiraan baris kode ( SLOC )

COCOMO berlaku untuk tiga kelas proyek perangkat lunak:
  •     Organik proyek - "kecil" tim dengan pengalaman yang "baik" bekerja sama dengan persyaratan "kurang dari kaku"
  •     Semi-detached proyek - "menengah" tim dengan pengalaman kerja campuran dengan campuran kaku dan kurang dari persyaratan yang kaku
  •     Tertanam proyek - dikembangkan dalam satu set "ketat" kendala. Hal ini juga kombinasi proyek organik dan semi-terpisah (perangkat keras, perangkat lunak, operasional, ...).

Para COCOMO dasar persamaan mengambil formulir

    Upaya Terapan (E) = b (SLOC) b b [ manusia-bulan ]
    Waktu Pembangunan (D) = c b (Usaha Terapan) d b [bulan]
    Orang diperlukan (P) = Upaya Terapan Waktu / Pembangunan [count]


mana, SLOC adalah perkiraan jumlah baris disampaikan (dalam ribuan) kode untuk proyek. Koefisien b, b b, c dan d b b diberikan dalam tabel berikut:



Basic COCOMO adalah baik untuk perkiraan cepat biaya perangkat lunak. Namun itu tidak memperhitungkan perbedaan kualitas perangkat keras, kendala personil dan pengalaman, penggunaan alat-alat modern dan teknik, dan sebagainya.

Intermediate COCOMO

Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian "pengendali biaya" yang mencakup penilaian subjektif dari produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek. Ekstensi ini menganggap satu set empat "driver biaya", masing-masing dengan sejumlah atribut anak: -

    Atribut produk
  •  Perangkat lunak yang disyaratkan keandalan
  •  Ukuran dari database aplikasi
  •  Kompleksitas produk
    Hardware atribut
  • Run-time kinerja kendala
  • Memori kendala
  • Volatilitas dari lingkungan mesin virtual
  • Diperlukan waktu Pembalikan
    Personil atribut
  • Analis kemampuan
  • Rekayasa perangkat lunak kemampuan
  • Aplikasi mengalami
  • Mesin virtual pengalaman
  • Bahasa pemrograman pengalaman
    Proyek atribut
  • Penggunaan perangkat lunak
  • Penerapan metode rekayasa perangkat lunak
  • Diperlukan pengembangan jadwal

Masing-masing dari 15 atribut menerima rating pada skala enam poin yang berkisar dari "sangat rendah" untuk "ekstra tinggi" (dalam pentingnya atau nilai). Multiplier usaha dari tabel di bawah ini berlaku untuk rating. Produk dari upaya semua pengganda hasil dalam faktor penyesuaian usaha (EAF). Khas untuk rentang nilai EAF 0,9-1,4.

rumus Intermediate COCOMO mengambil bentuk:

    E = i (SLOC) (b i). EAF

dimana E adalah usaha diterapkan dalam orang-bulan, SLOC adalah perkiraan jumlah ribuan baris kode untuk disampaikan proyek, dan EAF adalah faktor dihitung di atas. Koefisien a i dan b i eksponen diberikan dalam Tabel berikut.


Waktu Pembangunan perhitungan menggunakan D E dengan cara yang sama seperti dalam COCOMO Dasar.

Detil COCOMO


COCOMO rinci menggabungkan semua karakteristik versi intermediate dengan penilaian terhadap pengaruh pengendali biaya pada setiap langkah (analisis, desain, dll) dari proses rekayasa perangkat lunak.

Model rinci menggunakan pengganda usaha yang berbeda untuk setiap atribut cost driver. Ini pengganda Tahap Sensitif upaya masing-masing untuk menentukan jumlah usaha yang diperlukan untuk menyelesaikan setiap tahap.

Dalam COCOMO rinci, usaha tersebut akan dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan serangkaian driver biaya diberikan sesuai dengan setiap tahapan siklus hidup perangkat lunak.

Sebuah jadwal proyek Detil tidak pernah statis.

Lima fase COCOMO rinci adalah: -
  • rencana dan kebutuhan.
  • sistem desain.
  • rinci desain.
  • kode modul dan tes.
  • integrasi dan tes.

sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/COCOMO

0 komentar:

Posting Komentar